Skadron Udara 4 Diperkuat Sembilan Unit Pesawat Cassa NC-212i-400 Produksi Dalam Negeri

Skadron Udara 4 Diperkuat Sembilan Unit Pesawat Cassa NC-212i-400 Produksi Dalam Negeri

Senin, 03 Mei 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Malang - Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh kedatangan alutsista baru, yakni pesawat multiguna jenis angkut ringan, Cassa NC-212i-400. Pesawat NC-212i-400 merupakan pesawat yang sepenuhnya dikerjakan atau diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Direncanakan pesawat ini tiba sebanyak 9 unit secara bertahap.


Hal tersebut disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., saat melaksanakan kunjungan kerjanya di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jumat (30/04/2021).


Dengan kedatangan alutsista baru tersebut, Kasau berharap dapat meningkatkan kesiapan operasi satuan, sekaligus meningkatkan semangat dan motivasi seluruh personel dalam melaksanakan tugas. Khusus bagi para penerbang diharapkan kesiapannya dalam mengawaki alutsista baru tersebut.

 

“Dalam beberapa tahun kedepan, unit yang lain segera selesai pengerjaannya,  sampai dengan total sembilan pesawat, sehingga akan menambah kesiapan operasi. Oleh karena itu saya meminta kepada para penerbang harus siap mengawaki, merawat, dan mengoperasikannya,” harap Kasau.


Pada kesempatan tersebut, Kasau melihat secara langsung cockpit pesawat, dan menerima penjelasan tentang pesawat Cassa NC-212i-400 dari Danskadron Udara 4 Letkol Pnb M. Arif.


Pesawat Cassa NC-212i-400 merupakan pesawat angkut ringan multiguna generasi terbaru dengan memiliki kabin yang luas di kelasnya, serta sistem navigasi dan komunikasi yang lebih modern. Pesawat NC-212i-400 dapat digunakan untuk operasi hujan buatan dan foto udara.


Turut mendampingi Kasau saat kunjungan kerja ini, para Asisten Kasau, sejumlah Kepala Dinas dan Dirlambangja Puslaiklambangjaau.(**)


Editor: Ryawan.