Latihan Penanggulangan Karhutla di Katingan, Kapolda Kalteng Cek Kesiapsiagaan Unsur Terkait

Latihan Penanggulangan Karhutla di Katingan, Kapolda Kalteng Cek Kesiapsiagaan Unsur Terkait

Senin, 31 Mei 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Katingan (Kalteng) - Provinsi Kalimantan Tengah memiliki tingkat kerawan yang cukup tinggi terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dikarenakan sebagian wilayahnya memiliki tanah gambut, seperti di Kabupaten Katingan.


Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo  meninjau langsung kesiapsiagaan unsur terkait di Kabupaten Katingan dalam penananggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang bertempat di Desa Kereng Humbang, Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Minggu (30/05/2021).


Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kalteng didampingi Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Kasrem 102 Panju Panjung Kolonel Czi Wakhyono, Irwasda Kombes Pol Iman Prijantoro, dan sejumlah Pejabat Utama Polda Kalteng.


Disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, pengecekan tersebut  bertujuan untuk melihat langsung kesiapan sarana prasarana yang akan digunakan dalam penanggulangan karhutla di Kabupaten Katingan serta kemampuan personel dalam mengoperasikannya.


"Kami berharap dengan diadakannya pengecekan dan latihan rutin yang dilakukan unsur TNI, Polri dan Pemkab Katingan, kami yakin Kabupaten Katingan bebas dari Karhutla tahun 2021 ini," ujar Eko.


Lebih lanjut, Eko juga menyampaikan bahwa dalam kesempatan tersebut Kapolda Kalteng dan rombongan juga memberikan bantuan berupa mesin Alkon, selang dan alat semprot portabel yang dapat digunakan dalam penanggulangan karhutla nantinya.(**)