Tentukan Titik Koordinat, Latihan Kemampuan Navrat Yon A Resimen 1 Pasukan Pelopor

Tentukan Titik Koordinat, Latihan Kemampuan Navrat Yon A Resimen 1 Pasukan Pelopor

Jumat, 26 Maret 2021


WARTABERITA.CO.ID: 

Gunung Putri - Latihan kemampuan Navigasi Darat (Navrat) yaitu penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta, berguna menentukan titik koordinat yang telah dilaksanakan para personel Batalyon A Resimen 1 Pasukan Pelopor, bertempat di Aula Batalyon A Resimen 1 Pasukan Pelopor.


Kegiatan tersebut dipimpin Ipda Krisna Dirgantara, dengan pendamping Aipda Endra Nasution, diikuti 9 personel.


Diawali para personel melaksanakan apel arahan Aipda Endra Nasution, lalu personel melaksanakan pengecekan peralatan perlengkapan (peta, penggaris, suti, kompas, pena). Kemudian, personel melaksanakan menentukan koordinat geo pada peta, menghitung jarak pada peta, bidik kompas untuk menentukan azimuth, selanjutnya menemukan hasil. Terakhir para personel selesai melaksanakan latihan dan melaksanakan konsolidasi dengan hasil.


"Latihan yang dilaksanakan personel Batalyon A Resimen 1 Pasukan Pelopor dengan latihan Navigasi Darat (Navrat) adalah penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta. Berkaitan dengan pengertian tersebut, pemahaman tentang kompas dan peta serta cara penggunaannya mutlak harus dikuasai personel Resimen 1 Pasukan Pelopor," ujar Komandan Resimen 1 Pasukan Pelopor Kombes Pol Reeza Herasbudi, Kamis (25/03/2021).


Tambah Kombes Pol Reeza Herasbudi, pengetahuan tentang medan merupakan sebuah modal yang harus dimiliki para personel Resimen 1 Pasukan Pelopor  dimedan tempur. Pengetahuan penguasaan medan akan mempermudah untuk mencapai tujuan tertentu dan target tertentu dalam kegiatan SAR maupun pertempuran. Dengan latihan yang disiplin dapat mengasah kemampuan dan ketrampilan personel.(**)


Editor: Ryawan.