Launching Tagline Kodam XVI Hasanuddin di Makodim 1410 Bantaeng

Launching Tagline Kodam XVI Hasanuddin di Makodim 1410 Bantaeng

Sabtu, 27 Maret 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Bantaeng - Launching Tagline Kodam XIV/Hsn "Aku Sahabat Rakyat" (ASR) dilakukan oleh Kodim 1410 Bantaeng, Sulawesi Selatan, Sabtu, 27 Maret 2021.


Launching ditandai dengan pelepasan bantuan Sembako "Aku Sahabat Rakyat" (ASR) oleh Dandim 1410 Bantaeng Letkol Czi Tambohule Wulaa, S.I.P,  Dengan disaksikan oleh Kompol  Muh. Ali, (Waka Polres Bantaeng), Ujang Irfan Hadiana, S.H (Ketua Pengadilan Negeri Kab.Bantaeng), Dedyng Wibiyanto Atabay, S.H., M.H (Kajari Bantaeng), 

Drs. Abdullah, M.Si (Kaban Kesbangpol Linmas Bantaeng), Faisal, S.Stp, M.Si (Kadispora Kab. Bantaeng/Pelaksana tugas Anggota Sat Pol PP,  Damkar, dan Linmas). H. Tahir, S.Ag (Mewakili Kemenag Kab. Bantaeng), Seluruh personel Kodim 1410/Btg dan Forkopimda Kab. Bantaeng.


Acara dimulai dengan Persiapan motoris daerah persiapan. Dan penjelasan deskripsi singkat Tagline Aku Sahabat Rakyat (ASR) yang dibacakan oleh Sertu Hamka.


Berikut Deskripsinya: Aku Sahabat Rakyat (ASR) adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara prajurit Kodam XIV/Hsn dan Rakyat. Istilah "SAHABAT" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi dan perasaan, 


Prajurit dan Rakyat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain serta Prajurit dan Rakyat akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan.


Prajurit dan Rakyat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi Prajurit Kodam XIV/Hsn itu sendiri, persahabatan sering kali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti Rakyat. Nilai yang terdapat dalam persahabatan antara Prajurit Kodam XIV/Hsn dan Rakyat yaitu kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain, Simpati dan empati, kejujuran, barangkali dalam keadaan yang sulit bagi Prajurit dan Rakyat untuk mengucapkan kebenaran, saling pengertian dan Prajurit Kodam XIV/Hsn akan selalu ada kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi bagaimanapun untuk selalu menolong rakyat.


Sementara Dandim 1410 pada bagian sambutannya bahwa Kegiatan Launching Tagline Aku Sahabat Rakyat (ASR) memperkenalkan sebagai simbol jati diri TNI yaitu Tentara Rakyat yang berasal dari Rakyat dan berjuang untuk Rakyat.


"Apabila kita bersatu Prajurit dan Rakyat akan tetap tegaknya persatuan kesatuan RI, hal ini merupakan sinergitas antara Prajurit Kodam XIV/Hsn dan Rakyat", Urainya


"Kegiatan Launching Tagline Aku Sahabat Rakyat (ASR) dilaksanakan dengan door to door diseluruh jajaran Kodam XIV/Hsn kepada masyarakat yang kurang mampu dalam situasi Pendemi Covid-19. Hal tersebut sebagai wujud empati Prajurit Kodam XIV/Hsn terhadap sesama melalui wadah organisasi kemanusiaan yang diberi nama "Aku Sahabat Rakyat". Lanjut Dandim


"Sebagai bukti nyata gerakan Aku Sahabat Rakyat meluncurkan melalui kegiatan Launching hari ini, maka Kodam XIV/Hsn melaksanakan Bakti Sosial berupa penyerahan 10.000 paket Sembako secara serentak kepada masyarakat di seluruh Satkowil", Ungkapnya.


Adapun jumlah Sembako Aku Sahabat Rakyat (ASR) yang diberikan/distribusi kepada masyarakat kurang mampu berjumlah 250 Paket diantaranya :

1. Koramil 1410-01/Bissappu dengan 3 Kecamatan (Kec. Bissappu, Kec. Sinoa dan Kec. Ulu Ere) jumlah 88 Paket.

2. Koramil 1410-02/Eremerasa dengan 2 Kecamatan (Kec. Bantaeng dan Eremerasa) jumlah 63 Paket. 

3. Koramil 03/Tompobulu dengan 3 Kecamatan (Kec. Tompobulu, Kec. Pa'jukukang dan Kec. Gantarangkeke) jumlah 99 Paket.(***) 

( Dikutip dari rilis Pasi Inteldim 1410 Bantaeng)


(Ryawan)