Kejurnas Menembak Kasau Cup 2021 Resmi Dibuka

Kejurnas Menembak Kasau Cup 2021 Resmi Dibuka

Jumat, 26 Maret 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Halim Perdana Kusuma -  Secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., yaitu Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Kasau Cup Tahun 2021, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 TNI Angkatan Udara, bertempat di Lapangan Tembak Reaksi Djamsuri Wing I Paskhas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (25/03/2021). 


Kasau mengatakan, Kejurnas yang diselenggarakan TNI Angkatan Udara bersama dengan Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) mempertandingkan kategori tembak eksekutif, ISSF men and Women Event, Metsil and Benchrest, serta tembak reaksi IPSC. 


"Saya meyakini pertandingan adalah metode latihan terbaik bagi para petembak. Melalui Kejurnas ini bukan hanya sekedar menjadi ajang pertandingan saja, namun juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan dan pembinaan kepada prajurit TNI AU, dan khususnya kepada para atlet nasional, guna semakin mematangkan persiapan mereka dalam mengikuti ajang Sea Games di Vietnam dan ajang Olimpiade Tokyo Tahun 2021," ujar Kasau. 


Lebih lanjut Kasau mengatakan, Kejurnas ini merupakan kegiatan rutin tahunan , sempat terhenti pada tahun 2020 lalu, karena pertimbangan situasi di fase awal penyebaran kasus Covid-19 di tanah air.


 "Pada tahun 2021 ini, kita selenggarakan kembali dengan mengenalkan format baru, sehingga diharapkan dapat memberikan hasil dan manfaat yang lebih luas," kata Kasau. 


Kasau menyampaikan, pertandingan ini dilaksanakan di tiga lapangan tembak milik TNI AU, penyelenggaraan perlombaan secara virtual juga akan dihelat secara bersamaan dengan sistem cluster yang tersebar di 16 Pengprov Perbakin di seluruh Indonesia. 


"Berbagai inovasi dalam Kejurnas Kasau Cup Tahun 2021 ini, sebuah terobosan yang sangat baik dan tentunya patut kita apresiasi terlebih lagi kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk peran serta TNI AU dalam membina para atlet menembak nasional kebanggaan Indonesia," ungkap Kasau. 


Kasau memberikan apresiasi kepada panitia dan seluruh pihak yang telah turut serta membantu menyiapkan kegiatan Kejurnas Kasau Cup Tahun 2021 ini dengan sebaik-baiknya.


Kegiatan lomba menembak hari ini antar perwira tinggi (Pati) TNI AU menyajikan dua jenis perlombaan menembak, yaitu menembak pistol 20 meter Slow and Rapid, tampil sebagai pemenang antar Pati, juara satu Marsma TNI H. RM. Djoko Senopurto, S.E., M.M., juara dua Marsma TNI Yudi Bustami, S.Sos., dan juara tiga Marsma TNI Jorry S. Koloay, sedangkan perlombaan menembak duel Falling Plate tampil sebagai pemenang, juara satu Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., juara dua Marsma TNI H. RM. Djoko Senopurto, S.E., M.M., dan juara ketiga Marsma TNI Jorry S. Koloay. 


Kegiatan tersebut diikuti, Dankodiklatau, para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau I, Pangkoopsau III, Dankoharmatau, Danseskoau, Dankorpaskhas, Danpuspomau, dan para Komandan Lanud Tipe A, serta para pejabat TNI AU lainnya.(**)


Editor: Ryawan.