Dua Kategori Lomba di Hari Pertama Kejurnas Menembak Kasau Cup 2021

Dua Kategori Lomba di Hari Pertama Kejurnas Menembak Kasau Cup 2021

Rabu, 24 Maret 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Senayan - TNI AU bersama Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Kasau Cup 2021 hari pertama, bertempat di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/03/2021). 


Adapun kejuaraan menembak hari ini ada 2 kategori yaitu, 10 m Air Rifle Women dan 10 m Air Rifle Women Youth, perlombaan menggunakan senapan angin dengan jarak tembak 10 meter, dengan peserta atlet pelatnas wanita dari berbagai daerah di Indonesia. Even ini merupakan peran serta TNI AU dalam pembinaan atlet menembak nasional menghadapi Sea Game 2021 di Vietnam dan Olimpiade Tokyo 2021.


Kejurnas menembak ini dengan sistem cluster di 16 Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin di seluruh Indonesia. Penerapan sistem cluster di 16 Pengprov merupakan bentuk Protokol Kesehatan  untuk menghindari berkumpulnya peserta pada satu tempat dalam jumlah banyak. 


Penilaian pada senapan angin 10 meter, peserta diberikan kesempatan melaksanakan tembakan percobaan tidak terbatas selama 15 menit, sedangkan tembakan penilaian 60 butir peluru dilakukan selama 1 jam 15 menit menggunakan penilaian elektronik shooting target, jumlah skor secara otomatis. 


Selanjutnya, atlet yang masuk 8 besar akan masuk ke final dengan materi perlombaan dua seri, menggunakan 5 butir peluru dalam waktu 4 menit 10 detik, dilanjutkan adu kecepatan setiap atlet untuk batas waktu 50 detik 1 butir peluru, dengan total menggunakan 24 butir peluru sebagai perkenaan.


Tampil sebagai pemenang dalam 10 m Air Rifle Women, juara pertama Dewi Laila Mubarokah asal Jabar, juara kedua Fransisca Siagian asal Sulut, dan juara ketiga Syane Koesavitri Bafadal asal Jabar. 


Selain itu, tampil sebagai pemenang dalam 10 m Air Rifle Women Youth, juara pertama Lana Nathan asal Kabupaten Bekasi, juara kedua Amelia Sifa asal Banten, dan juara ketiga Dominique R asal Kabupaten Bekasi.(**)


Editor: Ryawan.