Awal 2021, Pokja Bunda PAUD Konsolidasi Kepengurusan

Awal 2021, Pokja Bunda PAUD Konsolidasi Kepengurusan

Kamis, 18 Februari 2021


Makassar - Pengurus Pokja (Kelompok Kerja) Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Pertemuan Perdana/Awal di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel. Tepatnya di Aula Prof Dr Ahmad Amiruddin pada Rabu siang (17/02/21).


Pertemuan dipimpin Ketua Pokja Bunda PAUD Sulsel, Hj Ainun Jariah. Jebolan Ilmu Kesehatan dan menyandang titel S.Farm, M.Kes, Apt itu telah menjabat sejak dilantik dan dikukuhkan tepat 2 bulan lalu pada 17 Desember 2020.


Ainun menjelaskan bahwa orang-orang yang ada di jajaran kepengurusan harus saling mengenal lebih dahulu. Karenanya diagendakanlah pertemuan itu.


Di mana terbagi dua metode, sebagian mengikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Berlagsung alot hingga sekitar pukul 18:02 Wita.


"Alhamdulillah karena hari ini dapat kita lakukan pertemuan awal bersama seluruh pengurus Pokja Bunda PAUD Sulsel, terima kasih. Mudah-mudahan kita bisa saling mengenal lagi dan tentunya bersinergi, seperti yang sering diinstruksikan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Professor HM Nurdin Abdullah dan juga Ibu Ketua Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan, Bunda Insinyur Hj Liestiaty F Nurdin", ungkap Ainun.


Tak hanya sesi perkenalan, sejumlah agenda dibahas. Oleh Ainun disebutnya bagian dari upaya mengkonsolidasikan program kerja ke depan, berangkat dari evaluasi program dan kegiatan setahun sebelumnya.


Diketahui Bunda PAUD Sulsel sudah terbentuk dan aktif berkegiatan selama 2 tahun lebih. Diketuai Hj Liestiaty F Nurdin yang juga adalah Isteri Gubernur Sulsel.


"Bunda Lies, Ketua Bunda PAUD Sulsel menekankan kepada kita masing-masing bidang dan bagian, silakan kita buat dan susun program masing-masing. Mungkin sepekan kita beri waktu, nanti masing-masing bidang mempresentasekan di hadapan teman-teman dan Ibu Ketua", paparnya.


Pokja Bunda PAUD Sulsel sendiri terangkai dari 5 bidang kerja. Pertama, Bidang Perencanaan dan Pengembangan Program.


Mengurusi 4 bagian yakni Pendidikan, Kesehatan dan Gizi, Pengasuhan dan Kesejahteraan Anak serta Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak. Berikutnya Bidang Sosialisasi dan Advokasi.


Ketiga, Bidang Koordinasi dan Kerja Sama Kemitraan. Keempat, Bidang Pengawasan/Monitoring dan Evaluasi serta Bidang Sekretariat yang kesemuanya dihuni aktor berpengalaman dan profesional.


"Ini sesuatu yang sangat luar biasa, Pokja Bunda PAUD SulSel terdiri dari orang-orang hebat, dari berbagai bidang profesi berkumpul demi kemajuan dan kejayaan Sulsel. Bagaimana kita membantu Pemerintah dan masyarakat meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan anak, utamanya layanan PAUD, begitu juga kepada Tenaga Pendidik dan Kependidikan", ujarnya.


Hal lain dibahas terkait pelantikan Ketua Bunda PAUD Kabupaten/Kota yang belum terbentuk hingga saat ini. Diikuti pembentukan Pokja Bunda PAUD, mulai tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa dan Kelurahan. (*/Jannah)


Editor: Ryawan.