Rumkit Tk II Putri Hijau Medan Gelar Rapid test di hari ke dua

Rumkit Tk II Putri Hijau Medan Gelar Rapid test di hari ke dua

Selasa, 05 Januari 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Medan - Pasca liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB menjalani Rapid Test guna untuk mencegah dan mendeteksi awal dari terpapar virus Corona (Covid-19).


Hal ini disampaikan Karumkit TK II Putri Hijau Medan, Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, Sp.K.K FINSDV, saat menginspeksi kesiapan sarana, prasarana dan petugas medis untuk kegiatan rapid test Covid-19 Selasa (5/1/2021).


Dikatakan Karumkit bahwa Kodam I/BB akan terus melaksanakan pemeriksaan secara rutin terhadap prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB sehingga pimpinan dapat mengetahui dengan jelas tentang kondisi kesehatan prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB.


Disebutkan Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, selama kegiatan rapid test Covid-19 tetap memperhatikan Protokol Kesehatan '3M', mulai memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air serta sabun.


Untuk satuan Balakdam diluar Makodam I/BB pelaksanaan rapid test Covid-19 dilaksanakan di Rumkit TK II Putri Hijau. 


Sementara itu, Kapendam I/BB Kol. Inf Zeni Djunaidhi S.Sos menambahkan bahwa Kodam I/BB telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan rapid test Covid-19 secara serentak di seluruh wilayah teritorial Kodam I/BB yang ada di 4 Provinsi yakni Provinsi Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri.


Lebih lanjut Kapendam mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pemeriksaan rapid test Covid-19 terhadap seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB yang dilaksanakan pada hari pertama dinas setelah kembali dari melaksanakan libur bersama Natal dan Tahun Baru, guna memastikan bahwa mereka benar-benar bersih dari paparan Covid-19 dan sekaligus untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah kerjanya, khususnya di lingkungan Kodam I/BB.


"Jadi lebih baik kita mencegah daripada harus mengobati dan apabila nanti pada saat pelaksanaan rapid test Covid-19 ada yang reaktif, maka akan dilanjutkan dengan test swab dan jika masih reaktif juga maka akan diberikan penanganan khusus", ungkap Kapendam I/BB.


(AVID)


Editor: Ryawan.