Peduli Situs Budaya, Kapolda Kalteng Resmikan Balai Keramat Raja Nyai Balau Secara Virtual

Peduli Situs Budaya, Kapolda Kalteng Resmikan Balai Keramat Raja Nyai Balau Secara Virtual

Minggu, 20 Desember 2020


WARTABERITA.CO.ID:

Palangka Raya - Sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap situs budaya yang ada di daerah, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo meresmikan Balai Keramat Raja Nyai Balau secara virtual di ruang loby Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 01 Kota Palangka Raya, Sabu (19/12/2020).


"Peresmian situs budaya Balai Keramat Raja Nyai Balau ini sengaja diselenggarakan secara sederhana dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan seperti menjaga jarak," ungkap Kapolda Kalteng.


Kapolda menerangkan, di Provinsi Kalteng sendiri banyak terdapat situs - situs budaya, para tokoh panutan dari tanah Dayak dan salah satunya adalah Balai Keramat Raja Nyai Balau yang ada di Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas.


"Sosok Nyai Balau sendiri adalah tokoh wanita yang terkenal perkasa, kuat, tangguh dan bijaksana yang berasal dari Kecamatan Tewah. Figur keberanian dan ketauladanan beliau di masa lampau menjadi contoh bagi perempuan lainnya untuk dapat berjuang bersama kaum pria," tuturnya.


Kapolda mengharapkan, dengan berdirinya Balai Keramat Raja Nyai Balau ini dapat menjadi salah satu warisan budaya bangsa yang kelak bisa dikunjungi baik wisatawan lokal, nasional bahkan internasional.


"Saya selaku pimpinan Polda Kalteng dan pribadi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada keluarga besar keturunan Nyai Balau serta semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Balai Keramat Raja Nyai Balau ini," pungkasnya.


(**)


Editor: Ryawan.