Sabet Penghargaan, Kadis Kesehatan Bantaeng Harap Bisa Jadi Inspirasi dan Motivasi

Sabet Penghargaan, Kadis Kesehatan Bantaeng Harap Bisa Jadi Inspirasi dan Motivasi

Jumat, 09 Oktober 2020



Wartaberita.co.id - Pada ajang penghargaan Indonesia Awards 2020 di MNC Conference Hall, iNews TV Tower Lt 3 Jakarta, Kabupaten Bantaeng berhasil mendapatkan penghargaan dibidang pelayanan kesehatan ibu dan anak.


Indonesia Awards tersebut merupakan program untuk memberikan apresiasi kepada tokoh atau wilayah di Indonesia yang inspiratif, dengan memberi manfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya 


Terdapat lima bidang  Penilaian diantaranya, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang lingkungan, bidang kewirausahaan, dan bidang teknologi.


Kepala Puskesmas Sinoa, Kecamatan Sinoa, Kabupaten Bantaeng, H.Iwan Setiawan, SKM, M.Kes, adalah merupakan salah seorang yang beruntung mendapatkan penghargaan itu melalui inovasi dibidang Kesehatan yang dia namakan "Bendera Saskia".(satu bendera satu sasaran kesehatan ibu dan anak)


"Menggunakan bendera sebagai penanda status kesehatan dan layanan kesehatan, Bendera itu dipasang di depan rumah sehingga mudah terlihat dan mudah untuk dipantau", Kata Iwan Setiawan pada media ini, Jumat (9/10/2020)


Menurutnya, Bendera yang digunakan mempunyai warna berbeda dan memiliki makna masing masing. warna hijau, biru, merah muda, dan merah tua itu untuk ibu hamil sesuai dengan tingkatan atau umur kehamilannya, Sementara bendera dengan warna kuning untuk bayi yang tidak datang di posyandu untuk di imunisasi, Dan bendera dengan warna ungu untuk balita dengan status gizi kurang.


Kadis Kesehatan Bantaeng, dr.Andi Ihsan, M.kes, mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukannya oleh petugas kesehatan di lapangan terutama pada 13 puskesmas yang ada di kabupaten Bantaeng.


"Pertama ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati Bantaeng yang selama ini memberikan ruang kepada kami untuk melakukan percepatan -percepatan pencapaian program melalui inovasi yang dibuat oleh teman-teman Puskesmas", Ungkap Andi Ihsan Usai menerima Piala Indonesia Awards dari tangan Kepala Puskesmas Sinoa untuk disimpan di Dinas Kesehatan Bantaeng.


"Hormat dan terima kasih juga kepada Kepala Puskesmas Sinoa beserta tim yang Alhamdulillah telah membuat sebuah inovasi yang kita kenal  dengan nama bendera Saskia yang telah mendapatkan penghargaan", Lanjutnya



dr. Andi Ihsan juga menyampaikan harapannya agar inovasi yang dibuat oleh Kepala Puskesmas Sinoa beserta Tim dapat memotivasi Puskesmas yang lain khususnya di Kabupaten Bantaeng untuk berinovasi.


Menurutnya, Kedepan akan dibuat aplikasi "E- Saskia". Agar Bendera Saskia ini tetap berkelanjutan karena merupakan cerminan keberhasilan sebuah inovasi.


"Saya berkeyakinan, 13 Puskesmas di kabupaten Bantaeng ini memiliki motivasi tersendiri dengan adanya penghargaan ini. Dan Insyaallah tahun depan akan banyak lagi lahir inovasi-inovasi yang berasal dari Puskesmas yang berada di wilayah kabupaten Bantaeng", Pungkasnya.


(Ryawan).