Wagub Sulsel Hadiri Peringatan Hari Jadi Tana Toraja

Wagub Sulsel Hadiri Peringatan Hari Jadi Tana Toraja

Selasa, 01 September 2020


WartaBerita.co.id - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri acara peringatan 63 Tahun Kabupaten Tana Toraja dan ke 773 Tahun Kabupaten Toraja, yang mengusung tema Budaya Toraja Perekat Bangsa. Perayaan ini berlangsung di Bundaran Kolam Makale, tepatnya di depan Monumen Patung Lakipadada, Senin (31/8/2020).

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, menyampaikan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tana Toraja mengucapkan bangga dan terima kasih atas kehadiran Wagub Sulsel.

Ia pun menyampaikan, Pemprov Sulsel telah memberikan bantuan keuangan sebesar Rp 32 miliar di APBD Tahun Anggaran 2020 untuk Kabupaten Tana Toraja. Hal itu untuk pembangunan, pembukaan dan pengaspalan jalan akses bandara Buntu Kunik. Ia mengungkapkan, Bank Sulselbar juga turut memberikan CSR bantuan keuangan senilai Rp 200 juta dan ambulans.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, untuk meningkatkan wisatawan, diperlukan infrastruktur yang memadai agar mempermudah dalam menjangkau tempat wisata. Terlebih Kabupaten Tana Toraja memiliki beragam destinasi wisata.

Pemprov Sulsel, kata dia, mengupayakan untuk daerah terisolir. Tana Toraja harus terdepan dalam pembangunan di Sulawesi Selatan.

Wagub Sulsel pun menyampaikan terima kasih terhadap Presiden RI, Joko Widodo yang memperhatikan pembangunan di Sulawesi Selatan. Salah satunya pada pembangunan bandara Buntu Kunik. Infrastruktur harus merata baik di kota maupun di wilayah terpencil, sebab ada hak-hak orang terpencil yang harus diberikan.

Bagi Wagub, masyarakat Toraja hidup dengan toleransi yang tinggi. "Di Toraja, saya selalu bangga dengan masyarakatnya yang hidup dalam kerukunan beragama, berbeda-beda tapi satu. Ini kampung saya juga, keluarga saya hadir di sini jauh sebelum saya lahir," sambungnya.

Wagub Andi Sudirman mempertegas akan memperjuangkan hak-hak masyarakat Toraja. Hal itu untuk menerapkan Pancasila, salah satunya social justice atau Keadilan Sosial.

(HMS/Jannah)
Editor: Ryawan.