Dekranasda Sulsel Operasionalkan Website Sendiri, Lies: Kita Buat Untuk Pelaku Usaha

Dekranasda Sulsel Operasionalkan Website Sendiri, Lies: Kita Buat Untuk Pelaku Usaha

Sabtu, 15 Agustus 2020


WartaBerita.co.id - Tak bisa dipungkiri lagi jika kebutuhan akan informasi sangat penting. Era industri 4.0 telah menggiringnya menjadi semakin penting lagi.

Ditambah pandemi Covid-19 yang kian berlanjut, setidaknya tanda-tanda berakhirnya pandemi belum mampu diramalkan hingga pertengahan Agustus 2020. Kebutuhan akan informasi ini dapat dengan cepat diterima melalui berbagai media, satu di antaranya website.

Lazim disebut portal web atau situs internet ataupun situs web, Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kini telah memilikinya. Meski pada dasarnya, sudah ada website sebelumnya, namun tidak diaktifkan karena alasan tertentu.

“Iya, kita ada website baru ya di Dekranasda Sulsel, Alhamdulillah. Ragam informasi akan disajikan di sana”, ungkap Hj Liestiaty F Nurdin selaku Ketua Dekranasda Sulsel pada Sabtu pagi (15/08/20).

Website tersebut disiapkan untuk menampung informasi terkait produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Termasuk kata Lies, profil para Pelaku UKM dari 24 Kabupaten dan Kota di Sulsel.

“Jadi masyarakat dan khususnya konsumen bisa melihat produk secara online. Memang sejak awal Saya sudah instruksikan agar ada katalog produk, juga profil pengrajin dan pelaku usaha lainnya”, jelasnya.

Lanjut Lies, para Pelaku UKM yang belum muncul namanya pada katalog, bisa dengan mudah bergabung. Mendaftar sebagai mitra Dekranasda Sulsel dengan sejumlah kemudahan yang akan didapatkan.

“Teman-teman selama ini kan, sebagian sulit mencari pasar dan konsumen. Makanya kita fasilitasi, produknya kita inventarisir, kita foto, kita data lalu dimasukkan ke website”, tegasnya.

Lalu keuntungan terbesarnya, Lies menegaskan jika pihaknya dapat menghubungkan produsen dengan calon investor. Bahkan untuk kebutuhan promosi berskala lebih besar, Dekranasda Sulsel siap memfasilitasi melalui pameran-pameran.

“Ini juga bagian dari upaya kita membantu Pemerintah dan Masyarakat khususnya Pelaku Usaha. Kita tahu bersama pandemi Covid- 19 membatasi transaksi langsung secara besar-besaran, saatnya memanfaatkan teknologi informasi untuk menjawab kebutuhan bisnis tanpa mengabaikan protokol kesehatan”, tutur Isteri HM Nurdin Abdullah yang kini menjabat Gubernur Sulsel.

Lies yang bertabur pengalaman bisnis berharap agar Pelaku UKM terus meningkatkan kompetensinya. Menjemput semua kemajuan teknologi untuk dimanfaatkan ke arah positif sesuai kebutuhan profesi seperti halnya jual beli online yang tren.

Website tersebut kata Lies, akan dilaunching dalam waktu dekat. Di samping pemanfaatan website, Dekranasda Sulsel juga tidak henti-hentinya membangun kemitraan melalui metode pembinaan serta pendampingan.

“Mau belajar juga bisa, datang saja ke galeri Dekranasda Sulsel. Kalau di Makassar ini, akan kita buka juga kawasan kuliner agar Pelaku UKM punya tempat lebih bagus untuk berjualan”, terang dia saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar

Lokasi kawasan kuliner ditempatkan di CPI (Centre Point of Indonesia) Makassar. Tak jauh dari Masjid 99 Kubah Makassar yang berdiri megah sebagai salah satu ikon Sulsel.

(***/Jannah)
Editor: Ryawan

===========================
 Kolom iklan