Warga Kabupaten Agam Satu Orang Dinyatakan Positif Terpapar Covid-19.

Warga Kabupaten Agam Satu Orang Dinyatakan Positif Terpapar Covid-19.

Minggu, 31 Mei 2020


WartaBerita.co.id - Warga kabupaten Agam Prov.Sumatera Barat, Sabtu, (30/5/2020) terpapar dinyatakan positif covid-19 sesuai hasil pemeriksaan laboratorium Biomedika Unand Padang, dan sesuai informasi resmi yang diumumkan juru bicara gugus tugas covid-19 Sumbar Jasman Rizal.

Dan Informasi penambahan 1 warga yang dinyatakan positif itu disampaikan Jasman Rizal Sabtu sore, dari penambahan 11 orang pasien yang dinyatakan positif terpapar covid-19 di Sumbar, terdapat 1 warga asal kabupaten Agam, seorang pria berusia 46 tahun, warga Koto Tuo, kecamatan IV Koto.

Pria berusia 46 tahun tersebut, diduga terpapar virus corona covid_19 di tempat dia bekerja sebagaia anak buah kapal penyeberangan Padang-Mentawai, yang saat ini sudah diisolasi di di Balatkop. Sumatera Barat, yang selanjutnya dipindahkan ke lokasi karantina Kemenag Sumbar.

Upaya konfirmasi resmi dari Pak Indra Kadis Kesehatan Kabupaten Agam minggu pagi ,diperoleh bahwa yang bersangkutan betul  terkena dan ia bekerja di kapal Padang Mentawai dan ia terkena positif.     

Dibuktikan, konfirmasi dengan Kadinas Kesehatan Agam dr.Indra,M,Mkes, justru ia terkena secara positif ditegaskan  terpapar virus corona Sabtu ini, berbeda dari siaran resmi jurubicara gugus tugas covid-19 Sumbar Jasman Rizal, “ saya belum mendapatkan informasi, namun hasil labor Unand Sabtu sore ini, 4 orang dinyatakan negative, “tegasnya.

Namun kondisi berbeda justru disampaikan camat IV Koto Eko Espito waktu dikonfirmasi kaba12.com secara terpisah, yang membenarkan adanya informasi tersebut.

Eko Espito justru menjelaskan, bahwa yang dinyatakan positif terpapar covid-19 itu merupakan orang kapal Padang-Mentawai, sementara istrinya tinggal di Koto Tuo, IV Koto dan sehar-hari bertugas sebagai bidan desa di Pustu Pahambatan, Nagari Balingka, kecamatan IV Koto.

Terkait dengan kondisi tersebut, ulas Eko Espito, pihaknya bersama tim puskesmas IV Koto sudah melakukan tracking dan tracing terhadap keluarga dekat pasien pria tersebut, bahkan hingga Sabtu sore, sudah 6 orang keluarganya menjalani test swab.

Yang masih membingungkan, terkait dengan posisi pasien yang dinyatakan positif terpapar covid-19 harisl pemeriksaan labor Sabtu ini, apakah berstatus warga Agam atau Padang, pasalnya hingga hari ini minggu, Kadinkes Agam Indra, justru mengaku  mendapatkan informasi terkait dengan kasus terbaru tersebut.

Hingga berita sampai minggu ini ditayangkan, telah diperoleh kesimpulan resmi terkait dengan posisi atau status pasien tersebut, apakah terdaftar sebagai pasien positif terpapar covid-19 di kabupaten Agam.

(Anto)