Vidcon Bersama MenParEkraf, Ketua GenPI Sulsel Sepakat Pariwisata Kembali Bangkit Dengan Sejuta Inovasi

Vidcon Bersama MenParEkraf, Ketua GenPI Sulsel Sepakat Pariwisata Kembali Bangkit Dengan Sejuta Inovasi

Jumat, 15 Mei 2020

"Segenap Staf Dan Management Warta Berita Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1441H "



WARTABERITA.CO.ID:
MAKASSAR - Untuk pertama kalinya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (MenParEkraf RI), Wishnutama Kusubandio menggelar Video Conference (Vidcon) dengan para Ketua GenPI (Generasi Pesona Indonesia) seluruh Indonesia, Selasa (12/05/20).

Menghadirkan sekitar 60 Ketua GenPI dari 34 provinsi. Vidcon ini juga diikuti Ketua GenPI Nasional, Siti Chodijah dan Ketua Umum GenPI Sulsel (Sulawesi Selatan), Ahmad Yusran dari tempat berbeda.

Dipertemukan secara daring (online), MenParEkraf yang akrab disapa Mas Tama banyak menebar semangat agar pandemi bisa dilalui secepatnya untuk kembali menggairahkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pasca krisis (pandemi Covid-19), pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan melonjak lebih hebat. Berbagai protokol kesehatan sedang disiapkan untuk menyambut datangnya era pasca pandemi ini”, kata Mas Tama.


Menurutnya pemenang dari setiap krisis adalah orang-orang yang optimis dengan sikap positif. Langkah pertama disiapkan yakni menggairahkan Wisatawan Nusantara (Wisnus), disusul Wisatawan Mancanegara (Wisman).

“Beberapa langkah kita siapkan setelah pandemi ini. Kita akan menggairahkan Wisatawan Nusantara, yang kedua barulah Wisatawan Mancanegara”, ungkapnya.

Disambut baik Ketua Umum GenPI Sulsel untuk periode 2020-2021. Yusran sepakat dengan optimisme Mas Tama bahwa 2 sektor yang menjadi fokus KemenParEkraf itu akan kembali bangkit seiring berakhirnya pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat pandemi Covid-19 ini sudah selesai. Pariwisata kembali bangkit, begitu pun ekonomi kreatif, Saya sepakat dengan Mas Menteri”, ujar Yusran.

Lanjut Yusran, GenPI khususnya di Sulsel siap bersinergi dengan KemenParEkraf serta institusi terkait seperti Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaaan (Disbudpar) Provinsi Sulsel guna meningkatkan pengembangan potensi pariwisata dan juga ekonomi krratif di daerah ini.

“Selama ini GenPI bersinergi dengan Disbudpar Sulsel dan seluruh pihak dalam kerangka pentahelix pariwisata. Maka ke depan pun seperti itu, semoga GenPI Sulsel bisa memberi andil besar terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulsel”, pungkasnya.

Dalam kesempatan sama, Siti Chodijah menyampaikan terima kasih kepada Mas Tama dengan digelarnya Vidcon. Dirinya berharap selepas pandemi akan dilanjutkan dengan tatap muka bersama seluruh jajaran GenPI

“Pertama kalinya sempat bertatap muka walau secara virtual, terima kasih. Semoga nantinya bisa bertatap muka dengan semua Pengurus GenPI se-Indonesia”, harap dia.

Di tengah kondisi pariwisata sedang lesu, semua pihak harus saling bersinergi untuk memunculkan sejuta inovasi. Seperti halnya GenPI dalam upaya membantu Pemerintah memaksimalkan pariwisata sebagai sektor unggulan.

“Usai pandemi Covid-19 nantinya akan melahirkan perubahan dan inovasi. Semua harus bahu membahu”, imbuhnya.

Hadir mendampingi Mas Tama diantaranya Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Rizki Handayani Mustafa dan Kepala Biro Komunikasi, Agustini Rahayu. Sementara Vidcon yang mengusung tema “Bersatu Dalam Jarak” selama kurang lebih 1 jam (pukul 13:00-14:00 Wita) itu dipandu Penasehat GenPI Nasional, Heru Mataya sebagai Moderator.

(Amb/Jannah)
Editor: Redaksi