Dekranasda Sulsel Dukung Gerakan Sejuta Sahabat UMKM Takalar -->

Dekranasda Sulsel Dukung Gerakan Sejuta Sahabat UMKM Takalar

Jumat, 15 Mei 2020


WARTABERITA.CO.ID:
TAKALAR - Pengurus Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menghadiri Launching “Gerakan Sejuta Sahabat UMKM” di Rumah Kreatif Takalar, Jalan Kemakmuran Nomor 20 Takalar, Jum’at (15/05/2020).

Rombongan dipimpin Wakil Ketua I Dekranasda Sulsel, Andi Oci Alepuddin.

Dalam kesempatan itu, Oci menyampaikan salam dari Ketua Dekranasda Sulsel, Hj Liestiaty F Nurdin yang tidak berkesempatan hadir karena kesibukannya di tempat berbeda. Lanjut Oci bahwa gerakan yang dimotori Dekranasda Kabupaten Takalar itu solusi tepat bagi sejumlah permasalahan yang dialami UMKM.

Dalam rangka menggiatkan kegiatan ekonomi kreatif, Dekranasda Kabupaten Takalar me-launching Gerakan Sejuta Sahabat UMKM. Kegiatan yang dihadiri sejumlah Pengurus Dekranasda Sulsel ini, berlangsung pada Jumat, 15 Mei 2020 di Rumah Kreatif Takalar, Jl. Kemakmuran No. 20.

“Sepertinya gerakan yang digagas Dekranasda Kabupaten Takalar bisa menjadi salah satu alternatif solusi untuk permasalahan UMKM. Terutama dalam hal promosi produk yang mereka hasilkan”, kata Oci.

Menurutnya, ide untuk membentuk jejaring pengembangan UMKM merupakan langkah yang tepat di tengah pandemi Covid-19. Dimana terjadi penurunan tingkat pembelian secara offline karena penjualan secara offline ikut dibatasi dengan adanya himbauan physical distancing.

“Pelaku UMKM biasanya terkendala promosi dan pemasaran. Padahal banyak sekali produk bagus kualitasnya yang dimiliki Pelaku UMKM kita di Sulsel”, ujarnya.

Dia lalu menjanjikan akan melakukan pembinaan. Seperti halnya dilakukan selama ini terhadap Pelaku UMKM di berbagai daerah yang kemudian memfasilitasi untuk mempromosikan produknya secara online.

“Kita di Dekranasda Sulsel akan berupaya semaksimal mungkin membina. Begitu pun untuk promosi dan pemasaran terhadap karya dari para Pelaku UMKM”, tegasnya.

Hal terpenting kata dia, bagaimana Pelaku UMKM menjaga kualitas karya yang sudah diproduksinya. Betapa tidak, kualitas terjaga dari produk yang kemudian mengikuti selera pasar atau kekinian, akan meningkatkan permintaan konsumen dalam jumlah banyak dan berkelanjutan.

Wakil Ketua I Dekranasda Sulsel itu memaparkan bagaimana Pelaku UMKM yang ada di Kota Makassar membangun sinergi bersama Dekranasda Sulsel demi perbaikan kualitas produk. Kerap berkoordinasi, bahkan mendatangi Dekranasda Sulsel untuk mendapatkan pembelajaran dan pembinaan lebih detail.

Lauching itu diawali dengan sambutan Ketua Dekranasda Kabupaten Takalar, Irma Adriani. Dirinya yakin bisa membentuk jejaring sahabat UMKM sampai 1 juta orang.

“Mudah-mudahan sampai akhir kepengurusan kami di Dekranasda Takalar, bisa tercapai target 1 juta orang jejaring sahabat UMKM”, terang Irma.

Jejaring itu dapat memanfaatkan berbagai paltform media yang ada. Sejalan dengan era industri 4.0 yang menuntut produsen dan konsumen melek teknologi dalam banyak ruang lingkup kegiatan, seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

H Syamsari Kitta selaku Bupati Takalar yang turut hadir saat itu berharap Pelaku UMKM di daerahnya dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Satu cara efektif kata dia dengan memanfaatkan jejaring sahabat UMKM.

“Manfaatkan jejaring sejuta sahabat UMKM yang dilaunching hari ini. Terus belajar dan berpikir kreatif untuk menciptakan produk”, pungkasnya.

Pengurus Dekranasda Sulsel yang hadir mendampingi Oci diantaranya Hj Enny Agustina Ashari selaku Wakil Ketua III Dekranasda Sulsel serta Devianty Faisal dan Ruth Sosang. Selain itu hadir pula Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Takalar, Hj Hamsiah Arsyad dan para Pengurus Dekranasda Takalar

Usai launching, berlanjut penyerahan paket sembako kepada Pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 di daerah itu. Dekranasda Sulsel menyalurkan pula masker yang mana sebagai Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penyebaran virus corona.

(Amb/Jannah)
Editor: Redaksi