Pemkab Bantaeng Mulai Salurkan Bantuan Paket Sembako pada Warga Terdampak Covid-19

Pemkab Bantaeng Mulai Salurkan Bantuan Paket Sembako pada Warga Terdampak Covid-19

Rabu, 15 April 2020


WARTABERITA.CO.ID:
BANTAENG - Pemkab Bantaeng mulai menyalurkan bantuan paket sembako, Tentang kegiatan proses penyaluran, Kadis Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan, Bertindak sebagai pemberi keterangan didepan Awak media di Posko induk Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Bantaeng, Lamalaka Bantaeng, Sulawesi Selatan, Rabu, (15/4/2020).

Berikut Salinan keterangannya.

Kegiatan: pembagian bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19, Rabu 15 April 2020. Bertempat di Posko induk gugus tugas percepatan Covid-19 kabupaten Bantaeng.

1 Pemberian bantuan sosial ini dimaksudkan untuk mengurangi beban masyarakat miskin khususnya yang terkena dampak Covid-19, di mana sejak tanggal 17 Maret 2020 mulai di lakukan pembatasan gerak masyarakat (social Distancing) dengan himbauan untuk mengurangi aktivitas di luar. Hal ini mengakibatkan beberapa warga masyarakat mengalami kekurangan dan atau kehilangan penghasilan sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar bagi keluarga.

2 pembagian bantuan social ini ditujukan kepada 3.565 RTS( rumah tangga sasaran) yang di dasarkan pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) tahun 2020 yang sudah divalidasi oleh kementerian sosial RI.

3 Data 3.565 RTS ini tersebar di seluruh desa kelurahan se-kabupaten Bantaeng terdiri dari lima segmen utama masyarakat terdampak yaitu, para pekerja serabutan (1833 RTS) pekerjaan bidang transportasi dan perdagangan (607 RTS), pekerjaan bangunan (740 RTS), pekerjaan perikanan budidaya (374 RTS), pekerjaan hotel dan rumah makan (11 RTS).

4 Disamping itu di sampaikan bahwa saat ini pemerintah kabupaten Bantaeng menerima bantuan partisipasi dari BAZNAS kabupaten Bantaeng karang taruna, KNPI, pemuda Pancasila (PP), HIPMI kabupaten Bantaeng, IKAPTK kabupaten Bantaeng, PT senofera Geosains Indonesia, PT Huadi Nikel Alloy kabupaten Bantaeng, kelompok masyarakat Tionghoa kabupaten Bantaeng dan beberapa lainnya perorangan yang tidak dapat kami sebut satu persatu.

5 Update data Covid-19 per hari Selasa, tanggal 14 April 2020 pukul 19.00 WITA.
- ODP =112 Orang
Proses pemantauan = 37 orang
Selesai pemantauan =75 orang
- PDP = 2 orang
Dalam perawatan = 0 orang
Pulang dan sehat = 2 orang
- Positif = 0 orang
Meninggal = 0 orang

(***/Jannah)
Editor: Redaksi