GenPI-Disbudpar Sulsel Salurkan Paket Sembako

GenPI-Disbudpar Sulsel Salurkan Paket Sembako

Kamis, 30 April 2020


WARTABERITA.CO.ID:
MAKASSAR - Di tengah  pandemi Covid-19, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sulawesi Selatan terus berkontribusi membantu Pemerintah sebagai penanggung jawab utama dalam menangani penyebaran virus ini.

Kepada 24 Guide Tour dan Supir Pariwisata, GenPI Sulsel menyerahkan bantuan paket sembako berupa beras, mie instant, minyak goreng dan telur. Ahmad Yusran selaku Ketua Umum GenPI Sulsel menjelaskan bahwa kegiatan itu diinisiasi Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulsel dan GenPI Sulsel.

“Bersama Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, kita di GenPI menyalurkan bantuan kepada para Guide Tour dan Supir Pariwisata. Mereka bagian dari masyarakat yang ikut terkena imbas dari menyebarnya virua corona”, ungkap Yusran kepada media Rabu (29/04/20).

Akibatnya, Pelaku Pariwisata itu harus dirumahkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Yusran juga menerangkan jika bantuan diberikan kepada Ketua GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) Sulsel, Suhardi.

“Penerima manfaat ini akan diberikan langsung oleh pengurus GIPI Sulsel ke rumahnya masing masing. Ini dilakukan untuk mematuhi aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan social distancing yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah”, jelasnya.

Suhardi dalam pernyataannya berharap segera mendistribusikan bantuan itu kepada para penerima. Lebih awal GIPI Sulsel telah memberikan data serta direspon cepat GenPI Sulsel dan Disbudpar Sulsel.

“Saya mewakili GIPI Sulsel berterima kasih atas kepedulian dan tanggap cepat dilakukan. Data yang sudah kami berikan direspon baik, Teman-teman bisa mendapatkan bantuan, mereka sangat membutuhkan setelah dirumahkan, ditambah adanya PSBB”, ujarnya.

Sementara itu, Denny Irawan Saardi selaku Kadisbudpar Sulsel minta agar bantuan yang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tepat sasaran dan bermanfaat. Pihaknya juga telah mengirimkan data ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KemenParEkraf RI) terkait seluruh Pelaku Industri Pariwisata yang terdampak COVID-19.

Apresiasi datang dari Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Hj Liestiaty F Nurdin. Dirinya memuji langkah yang diambil Disbudpar, GenPI dan GIPI yang berkolaborasi membantu Pemprov Sulsel.

“Sungguh kolaborasi apik dan tepat ketika pandemi melanda daerah dan masyarakat kita, semua berpartisipasi. Patut diikuti OPD dan organisasi serta pihak lainnya”, tutur Lies
(Dikutip dari Ambae)

Lies bahkan menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Yusran. Ketua Umum GenPI Sulsel itu juga bagian dari Tim Tanggap Cepat COVID-19 bentukan PKK Sulsel yang aktif terjun ke masyarakat membagikan bantuan yang khusus dikelola PKK Sulsel

Demikian halnya apresiasi dari Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di daerah ini. Dikatakan, langkah yang bagus dengan adanya sinergitas antar lembaga dan antar instansi.

Jika itu dilakukan berkesinambungan kata Nurdin Abdullah, pandemi yang telah membatasi ruang gerak kita niscaya dapat dilawan dan diatasi. Di samping fokus menangani para penderita atau pasien, Pemprov Sulsel juga tidak melalaikan tugas dan tanggung jawabnya untuk peduli terhadap masyarakat luas.

“Kita akan melewati pandemi virus corona ini. Langkah percepatan penanganan terus kita lakukan dan terima kasih untuk kerja sama semua pihak”, kata Gubernur Sulsel.

Hal penting lainnya menurut Nurdin Abdullah, bagaimana mengikuti anjuran Pemerintah untuk tetap menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan agar penyebaran virus tidak semakin meluas.

Terkait masyarakat yang terdampak, dia mengajak seluruh pihak berktribusi, siapa kerja apa. Sehingga penanganan tidak bertumpu pada satu pihak saja, meski Pemerintah harus terdepan dibanding yang lain.

(***/Jannah)
Editor: Redaksi