Salah satu Program Unggulan Pemkab Bantaeng Disalurkan

Salah satu Program Unggulan Pemkab Bantaeng Disalurkan

Kamis, 05 Maret 2020


WARTABERITA.CO.ID:
BANTAENG - Bupati Bantaeng DR.H.Ilham Azikin, M.si, Hadiri Langsung Penyerahan penghargaan/hadiah program pemberian bantuan modal berbasis dusun dan RW serta launching rumah Kemasan UMKM. Acara digelar di Jalan Sungai Bialo Bantaeng, Kelurahan Lembang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Kamis,(5/3/2020)

Hadir pada kegiatan tersebut, Pimpinan SKPD se Kabupaten Bantaeng, Pimpinan Perbankan dan BUMN, Camat, Lurah dan Kades se Kabupaten Bantaeng, Tim Independen dan Penerima
Penghargaan/Hadiah Program Program bantuan Modal Usaha berbasis Dusun dan RW, Penerima Hak Atas Tanah UMKM, Penerima Fasilitas Sertifikat Halal, serta pelaku Usaha di kabupaten Bantaeng.

Pada acara tersebut, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Bantaeng, Ir. meyriani, Msi menyampaikan Laporannya.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka pemberian modal kepada pelaku usaha, Dimana kegiatan ini juga merupakan kegiatan lintas SKPD. Dimulai dari tahap dan pendataan dan assessment Pontensi pelaku usaha di setiap Dusun dan RW", Kata Meyriani pada bagian laporannya.
"Tahapannya, Pelaku usaha mengikuti pelatihan yang di laksanakan oleh Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.(DPMDP3A) di mana outputnya adalah proposal pengembangan usaha", Lanjutnya

Dikatakan Meyriani, Hasil seleksi proposal yang layak untuk mendapat penghargaan sebanyak 73 orang dengan total jumlah penghargaan sebesar Rp.1.522.000.000.

"Sumber dari APBD kabupaten Bantaeng, Besaran dari penerima sesuai dengan kapasitas dan jenis usaha yang telah dinilai oleh tim independen", Ungkapnya

Dalam kegiatan ini di rangkaikan penyerahan Sertifikat hak atas tanah bagi UMKM sebanyak 250 persil dan sertifikat halal sebanyak 16 pelaku UMKM.

Bupati Bantaeng Yang Menyerahkan langsung kepada penerima yang telah lolos dalam tahapan seleksi tersebut, mengatakan rasa syukurnya atas terlaksananya salah satu program unggulan pemerintahannya bersama wakilnya Drs.H.Sahabuddin.

"Kita bersyukur dengan pembangunan infrastruktur yang sangat baik tentunya kami bersama wakil bupati memberi program bagaimana masyarakatnya bergerak dengan baik", Kata Bupati Dihadapan 534 Tamu Undangan yang Hadir.

"Ini adalah komitmen pemerintah dan seluruh OPD serta lembaga untuk hadir memberikan support kepada UMKM",Tegas Bupati

"Saya berterima kasih kepada pihak yang terkait terutama tim independen yang telah menilai yang layak menerima bantuan ini," ungkapnya

"Yang belum mendapatkan yakinlah proposal yang telah di assessment dan di superpisi dapat kami pertanggung jawabkan", Jelas Bupati.

Bupati Ilham Azikin pada penyampainnya, Juga mengharapkan pihak perbankan melakukan intervensi data yang ada pada OPD yang terkait.

"Saya dapat informasikan bahwa upaya mendorong pergerakan ekonomi secara mikro telah mendapatkan hasil positif berdasarkan data dari BPS," Ungkapnya

Menurutnya, Untuk data 2019 pertumbuhan ekonomi naik dari 7,2 menjadi 8,08 di tahun 2019, Apa yang mendorong ini adalah sektor pertanian dan pelaku usaha kecil yang paling banyak dampaknya untuk menjaga stabilitas perekonomian di Bantaeng.

Pada kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Launching Rumah Kemasan UMKM yang diharapkan dapat menunjang peningkatan kwalitas produk - Produk yang dihasilkan pelaku usaha khususnya Penerima penghargaan/Hadiah program bantuan berbasis Dusun dan RW.(Red.)

Editor: Ryawan