Kebakaran Di Kompleks Pasar Sentral Sinjai

Kebakaran Di Kompleks Pasar Sentral Sinjai

Senin, 24 Februari 2020


WARTABERITA.CO.ID:
SINJAI. - Pada hari Minggu tanggal 23 Februari 2020 sekitar pukul 17.45 wita telah terjadi kebakaran di kompleks blok A pasar sentral sinjai Jalan persatuan raya Kelurahan balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai yang Mengakibatkan 24 unit toko ludes terbakar.
Adapun daftar pemilik toko Sebagai berikut:
1. H. Hamzah (toko A1 dan A24)
2. Nanna diana (toko A2)
3. syamsuddin (toko A3)
4. Hajja darmawati (toko A4)
5. Rustam Nur (toko A5)
6. Muh. Akbar pawello (toko A6)
7. Andi safanuddin amsal (toko A7)
8. M. Syamsir langanro (toko A8)
9. Andi pananrangi (toko A9)
10. Rustam Nur (toko A10 dan A11)
11. Suhut rosadi (toko A12)
12. Amelia (toko A13)
13. Muh. Irfan (toko A14)
14. HAsriani yahya (toko A15)
15. Kaharuddin mustafa (toko A16)
16. Harto (toko A17)
17. Muh. Nasir (toko A18 dan A19)
18. Hj. Sitti aminah indar (toko A20)
19. Hj. Jumriati (Toko A21)
20. H. Muh. Amir baso (toko A22)
21. Ansar amir (toko A23).
Adapun Kronologis kejadian bahwa Api pertama kali di lihat oleh H. yusran/pemilik toko Yus pasar sentral umur 51tahun, Pek. Wiraswasta alamat jl. Yahya mathan Kel. Balangnipa Kec. Sinjai utara Kab. sinjai, yang berada di sekitar lokasi kejadian dan melihat kepulan asap tebal dari atap Toko Kosmetik belakang toko ternate.
Dan sekitar pukul 18.00 wita mobil Damkar Kab. Sinjai sebanyak 5 unit tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman namun karena angin kencang dan tumpukan bahan campuran berupa tabung gas, minyak, plastik dan kertas yang menyebabkan api mudah terbakar sehingga menyebabkan 1 blok toko sebanyak 24 unit ludes terbakar, pada pukul 22.00 wita api berhasil dipadamkan, Mobil Damkar yang melakukan pemadaman sebanyak 5 unit dari Damkar kab. Sinjai, 1 unit dari PDAM Kab. Sinjai, 3 Unit bantuan dari Kab. Bone, mobil ambulance dari RSUD Sinjai sebanyak 4 unit.
Adapun penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan dari Polres Sinjai dan memasang Police line untuk melakukan olah TKP.

Akibat dari kejadian kebakaran tersebut, tidak ada Korban jiwa, Luka berat Nihil, namun Luka ringan 1 orang dan sesak Nafas sebanyak 5 orang serta kerugian materil ditaksir milyaran rupiah.
Adapun data korban kecelakaan pada saat melakukan pemadaman yang di Rawat diantaranya :
1. Munawir Argasali (34 tahun), pek. Pemadam, alamat Jln Persatuan Raya (dkt warkop 31) Kel. Balangnipa Kec. Sinjai Utara Kab. Sinjai. Masuk RS akibat Sesak Napas pada saat bertugas memadamkan Api di Pasar Sentral.
2. M.Yusran, 29 tahun, pek. Pemadam alamat Tanasssang Kel. Alehanuae Kec. Sinjai Utara, Kab. Sinjai Masuk Rs akibat tertusuk Paku kaki sebelah kiri pada saat bertugas memadamkan Api di pasar sentral.
3. Anas , umur 30 thn, pek. Petugas pemadam, alamat tangka Mas Kel. Balangnipa, kec. Sinjai utara Kab. Sinjai, disebabkan krn sesak napas.
4. Rahmat, 39 tahun Pek. Petugas pemadam, disebabkan krn sesak napas.
5. Massalinri , 48 Tahun pek. Petugas pemadam disebabkan krn sesak napas.
6. Faisal, umur 30 Tahun pek. Petugas pemadam.
Langkah-langkah yang diambil, personel Polres Sinjai yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Iwan Irmawan S.IK.,M.Si
turun langsung di lokasi kejadian untuk melaksanakan pengamanan sekaligus membantu korban. Situasi aman dan terkendali.(HMS)

Editor:Ryawan