Kucurkan Anggaran Besar, Gubernur Sulsel Urai Potensi Seko

Kucurkan Anggaran Besar, Gubernur Sulsel Urai Potensi Seko

Jumat, 03 Januari 2020

"Segenap Staf Dan Management Warta Berita Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1441H "




Wartaberita.co.id- Gebernur Sulawesi Selatan, Prof.HM.Nurdin Abdullah Memenuhi janjinya untuk hadir ditengah tengah masyarakat Seko. Bertepatan dengan pergantian tahun 2019 ke 2020, Gubernur dan Rombongan dengan menjajal jalan yang sudah tembus ke kecamatan Seko dengan menyetir sendiri kendaraannya.

"Seperti janji saya, Ketika jalan menuju Seko ini sudah tembus, saya akan datang menemui masyarakat Seko dengan menyetir sendiri kendaraan," Ungkap Gubernur didepan Awak media, dihalaman pendopo Adat "Rasang Pukobuang" kompleks kantor camat Seko, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu pagi,(1/1/2020)

Bertepatan dengan pergantian tahun, Gubernur menggandeng Artis Ibukota untuk menghibur masyarakat Seko dimalam pergantian tahun.

"Seumur umur masyarakat Seko menyambut dengan antusias.Masyarakat disini sangat merasakan bagaimana pemerintah itu hadir", Ujar Gubernur

Terfokus pada tujuan sesungguhnya, Gubernur menjawab pertanyaan awak media bahwa, Tidak banyak daerah daerah yang memiliki unggulan seperti Seko, Menurutnya, Selama ini sangat disia siakan, dan kita tidak tega ketika masyarakat Seko selalu mengatakan kapan Indonesia ini merdeka, Seperti kita dengarkan kemarin yang dikatakan tokoh masyarakat, Kalau barulah kemerdekaan itu dirasakan.

"Padahal kita belum sentuh apa apa baru kita membuka akses bisa tembus ke sini sudah begitu senangnya" Kata Gubernur

"Dengan terbukanya akses jalan, Untuk kedepannya saya titipkan pesan kemasyarakat Seko, Jangan tergiur dengan pembeli lahan dengan harga tinggi. Karena lahan ini disiapkan untuk kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat Seko", Lanjutnya

"Seko ini segitiga emas, Jika Seko ini terbangun maka kita akan berkolaborasi dengan tiga propinsi, yakni Sulbar, dan Sulteng, Seko ini akan dilewati oleh pengguna jalan darat, Alasannya sebelumnya dari Masamba ke palu mencapai 600 km, Jika melewati jalur Seko tidak sampai 200 km", Bebernya.

Gubernur juga Ungkapkan untuk tahun 2020 Pemerintah provinsi akan menyiapkan anggaran cukup besar untuk membangun Seko.

"Masyarakat dan pemukiman sudah harus kita tata, Termasuk potensi wisata, dengan demikian restoran pasti tumbuh, Penginapan/Hotel pasti tumbuh, Sentra kuliner pasti tumbuh maka secara otomatis akan menyerap lapangan pekerjaan, Dengan demikian masyarakat Seko yang akan merasakan manfaatnya, Apalagi konektifitas kita sudah terbangun seperti bandara untuk jalur udara," Jelas Gubernur.

Dibidang Pertanian masih kata Gubernur, Dengan terbukanya akses ini, Akan dikaji tanaman yang cocok tumbuh untuk masyarakat Seko, Bisa coklat, markisa, kopi dan tanaman lain yang produktif dengan nilai tinggi diharapkan semua dari Seko.

"Nanti kita kaji tanaman yang cocok, Lahan di Seko sekitar 20.000 M2 meter persegi cukup luas untuk itu",Kata Gubernur.

Ditempat terpisah, Kami berhasil menemui Kadis Kominfo Sulsel, Andi Hasdullah, Dia mengakui sebelum hadir mendampingi Gubernur bersama pimpinan OPD lainnya, Diakuinya mendapatkan sumber data dari Disbinamarga dan balai besar jalan.

"Berdasarkan data yang dihimpun dari one data sulsel selaku walidata, Panjang jalan ruas sabbang- seko 130 km, progres penanganan jalan hingga akhir desember 2019 adalah  kondisi aspal sepanjang 43, 5 KM dan sisanya kondisi pengerasan gravel tanah dan pembukaan dan pelebaran sepanjang 87 km.

"Pemerintah  mengalokasikan anggaran untuk tahun 2019  sebesar 49, 075 milyar, (APBN 28 M, APBD provinsi 13.075 M, bantuan keuangan provinsi 8 M)", Kata Hasdullah

Lanjut dibeberkan, Pekerjaan jalan akan dilanjutkan tahun  2020 dengan peningkatan alokasi anggaran  sebesar 133 Milyar (APBN 28 M, DAK 42.46 M, APBD PROV 62.56 M) untuk paket pekerjaan pengaspalan sepanjang 41 km dan selanjutnya pekerjaan ruas sabbang seko akan terus  dilanjutkan sampai tuntas pada tahun anggaran berikutnya.

"Ini bukti keseriusan Gubernur Nurdin Abdullah dalam menangani pembangunan jalan  menuju Seko", Tandas Hasdullah. (Kominfo)

Editor:Ryawan