Kasau Tinjau Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di RSUA dr. Esnawan Antariksa

Kasau Tinjau Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di RSUA dr. Esnawan Antariksa

Kamis, 01 Juli 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Jakarta - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P meninjau rumah sakit lapangan, khusus penanganan pasien Covid-19, yang didirikan di lapangan parkir Rumah Sakit Angkatan Udara  dr. Esnawan Antariksa (RSAU EA), Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (30/06/2021).


Pada saat peninjauan, Kasau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel RSAU EA yang saat ini terus bekerja keras menangani pasien Covid-19.


Kasau berpesan, agar seluruh personel tetap menjaga kesehatan dalam melaksanakan tugas mulia tersebut.


Saat peninjauan, Kasau menerima laporan dari Kepala RSAU EA, Kolonel Kes dr  Mukti A. Berlian, Sp. Pd.


dr. Berlian menyampaikan, rumah sakit lapangan ini  didirikan khusus untuk menangani pasien Covid-19, yang bertujuan untuk memisahkan pasien Covid-19 dan non Covid-19 yang di rawat di RSAU dr. Esnawan Antariksa.


"Kegawatdaruratannya ditangani di IGD lama, sedangkan pasien Covid-19 (suspek, probable dan konfirmasi) ditangani di UGD RS. Lapangan tersebut," ujar dr. Berlian 


Rumah Sakit Lapangan tersebut, terdiri dari Triage (untuk pemilahan pasien) dan memiliki fasilitas 4 Unit Gawat Darurat (UGD) dan 20 ruang perawatan yang mampu menampung 24 pasien Covid-19.


Adapun peralatan yang tersedia, lanjut dr. Berlian, adalah peralatan emergency, mesin ICU, exhaust serta peralatan umum.


Rumah Sakit Lapangan berupa tenda sebanyak 7 unit ini, didirikan untuk menangani pasien Covid-19 yang saat ini mengalami lonjakan yang cukup tinggi di wilayah DKI Jakarta.(***)