Kasau Dampingi Ketua DPR RI Berikan Pembekalan Kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke 58

Kasau Dampingi Ketua DPR RI Berikan Pembekalan Kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke 58

Selasa, 29 Juni 2021


WARTABERITA.CO.ID:

Lembang (Jawa Barat) - Kepala Staf TNI  Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menghadiri pembekalan Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani kepada Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke - 58, di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang, Senin (28/06/2021).


Kegiatan Ketua DPR RI di kampus Seskoau Lembang ini diawali penanaman pohon Kepel di halaman kampus Seskoau oleh Ketua DPR RI.


Tema pembekalan yang disampaiakan oleh Ketua DPR RI adalah Pembangunan Karakter Bangsa Dalam Menghadapi Arus Globalisasi.


Dalam pembekalannya  tersebut, Ketua DPR RI mengutip salah satu isi pidato Presiden RI pertama Ir. Soekarno, yang disampaikan pada saat peringatan HUT RI tahun 1966, yaitu keahlian adalah perlu, tetapi keahlian saja tanpa dilandaskan pada jiwa yang besar, tidak akan dapat mencapai tujuannya. Diperlukan nation and character building yaitu membangun kebersamaan yang dapat memberikan rasa cinta pada tanah air, rasa percaya diri bagi bangsa, serta membangun kesanggupan berdikari dalam membangun kemajuan bangsa dan negara.


"Inilah tugas kebudayaan TNI, yaitu membangun budaya toleran, budaya gotong royong, serta memperkuat kesadaran anak bangsa bahwa Indonesia dipersatukan oleh Pancasila," ujar Ketua DPR RI.


Lebih lanjut Ketua DPR RI menjelaskan, dalam membangun postur pertahanan militer yang ideal tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan seringkali sesuai perubahan lingkungan strategis. Perubahan itu juga disebabkan oleh dinamika kepentingan dan prioritas keamanan nasional, ketersediaan sumber daya serta kemampuan pembiayaan negara.


"Oleh karena itu, melalui Seskoau ini, para perwira TNI AU dapat menggali berbagai strategi geopolitik, strategi diplomasi negara industri alutsista, kekuatan dan potensi nasional yang diperlukan untuk membangun pertahanan negara matra udara yang kuat," pesan Ketua DPR RI.


Setelah menyampaikan  pembekalannya, Ketua DPR RI menerima  buku Indonesian Air Force in Pictures dan miniatur pesawat Sukhoi yang diserahkan Kepala Staf TNI Angkatan Udara.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Staf Khusus DPR RI Laksda TNI (Purn) Willem Rampangilei, Sekjen DPR RI Indra Siregar, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto, Aspers Kasau Marsda TNI Elianto Susetio, S.IP., M.Si., Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han), Kadisdikau Marsma TNI Paminto Bambang Pamungkas, S.IP., Plt Bupati Bandung Barat Henky Kurniawan, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Dr. Ineu Purwadewi Sundari S.Sos., M.M., dan segenap civitas Akademika Seskoau.(**)