Pimpin Rapat dengan Kades, Bupati Ajak Cegah Covid di Desa -->

Pimpin Rapat dengan Kades, Bupati Ajak Cegah Covid di Desa

Senin, 06 April 2020


WARTABERITA.CO.ID:
BANTAENG - Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengumpulkan semua kepala desa dan lurah yang ada di Bantaeng.
Pertemuan ini dilakukaan bertahap dengan empat sesi pertemuan untuk setiap desa di masing-masing kecamatan.

Pertemuan diatur dengan pembatasan baik jumlah maupun waktu sesuai dengan protokol kesehatan yang harus laksanakan. Pertemuan ini bersifat instruktif untuk mengilhami kondisi terkini terkait Covid-19 yang skalanya bersifat nasional, regional dan kabupaten.

Turut hadir pada pertemuan tersebut antara lain Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin, Sekretaris Daerah, Abdul Wahab, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Estha Karim, Kadis Pemdes PP&PA, Chaeruddin Arsyad.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantaeng, memberi arahan kepada setiap pemerintah desa dan kelurahan untuk senantiasa memeprhatikan aspek lainnya yang juga berdampak pada aktivitas penganggaran.

"Penyesuaian yang kita butuhkan tidak hanya upaya pencegahan dari aspek kesehatan, tetapi juga dampak sosial ekonomi yang tidak bisa dihindari. Untuk itu, pelaksanaan kegiatan ini bersifat penegasan agar kita semua dapat menerjemahkan hal-hal yang bersifat instruktif atau himbauan," kata Dia.

Kondisi yang kita hadapi saat ini pada akhirnya membutuhkan hal yang bersifat akuntabilitas. Perubahan APBDes segera mungkin bisa kita lakukan.

"Setelah kegiatan ini kita instruksikan segera melakukan penyesuaian dan perubahan baik dalam perencanaan dan penganggaraan dana desa karena aspek tatanan ekonomi sosial sangat dirasakan masyarakat sehingga dibutuhkan intervensi anggaran yang bisa kita gunakan untuk mengatasi dampak sosial ekonomi di wilayah kita masing-masing," kata Bupati.

Aktivitas yang lebih mengacu pada padat karya diharapkan dapat dilaksanakan sesegera mungkin. Masyarakat yang menjadi bagian bantuan non tunai sebanyak 3565 rumah tangga yang akan kita intervensi kebijakan dengan memberikan bantuan yg bisa menyelesaikan persoalan harian.

"Manfaatkan struktur untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang terdampak sosial ekonomi, upayakan sosialisasi protokol kesehatan dengan sosial distancing kepada masyarakat. Sampai pada 05 April 2020 pukul 19.00, dua orang yang masuk dalam kategori PDP sudah dinyatakan negatif. Ini yang harus kita jaga," tambah Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga memberikan apresiasi kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa yang telah inisiatif mengambil langkah dan upaya dalam bersinergi dengan unit lain sebagai pencerminan komitmen pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.


(***/Jannah)
Editor: Redaksi