Peduli Penghijauan Pantai, Wakapolda Sulsel Tanam Mangrove di Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai

Peduli Penghijauan Pantai, Wakapolda Sulsel Tanam Mangrove di Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai

Jumat, 21 Februari 2020


WARTABERITA.CO.ID:
SINJAI.- Direktorat Polairud Daerah Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan  Penanaman Mangrove dengan Tema "Polri Peduli Penghijauan Pantai Dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir" yang Dilaksanakan secara Serentak di Indonesia, Namun pada wilayah Provinsi Sulawesi Selatan Dilaksanakan secara Terpusat di Hutan Bakau Desa Tongke-tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, Jumat (21/02/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Oleh Wakapolda Sulawesi Selatan Brigjen Pol Drs. Halim Pagarra, SH.,MH., Dir Polair Polda Sulsel Kombes Pol Hery Wiyanto, SH., MH., Bupati Sinjai A. Seto Ghadista Asapa, SH., LLM., Kapolres Sinjai Akbp Iwan Irmawan, S.IK., M.Si, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo.Sahdrojat, S.Ag., M.Tr (Han), Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai Adji Prasetya, SH., MH, Para Kepala OPD Pemda Kabupaten Sinjai, Personil POLRES Sinjai, Kodim 1424 Sinjai, Para Pelajar SD dan SMP serta para Peserta penanaman Mangrove dari masyarakat Sekitar.

Kegiatan diawali dengan Apel Bersama dipimpin Oleh Wakapolda Sulawesi Selatan sekaligus Membacakan amanat  Dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Dalam amanat Kapolri, Wakapolda Sulsel Menyampaikan bahwa Ada beberapa fungsi Utama Hutan Mangrove Yang sangat penting Antara lain menahan Aberasi, Membentuk lahan baru, Mencegah intrusi air laut, menyediakan makanan, mineral bagi hewan laut dan sebagai sumber Keanekaragaman Hayati. Mangrove tercatat sebagai ekosistem terproduktif dari ekosistem daratan manapun di dunia, Mangrove merupakan awal dari rantai makanan di pesisir pantai.

Dengan melibatkan Stakeholder Dan seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama-sama Melaksanakan penanaman Mangrove, kelapa serta ketapang yang merupakan salah satu solusi mencegah terjadinya Aberasi pada pantai serta Menjaga kembali kelestarian Alam yang juga dapat Menumbuhkan perekonomian Masyarakat, tambahnya.

Usai membacakan amanat Kapolri bapak Waka Polda Sulsel Secara Simbolis Menyerahkan bibit pohon bakau (mangrove) kepada Masing-masing perwakilan Selanjut dilaksanakan Penanaman pohon secara serentak (massal) dengan total 29000 ribu bibit pohon Mangrove di kawasan Hutan mangrove Desa Tongke -tongke, Sinjai Timur.

Penanaman bibit pohon Mangrove ini merupakan salah Satu program Mabes POLRI Sebagai wujud kepedulian dan kelestarian lingkungan melalui Penghijauan dan cinta Lingkungan.

Kegiatan berakhir sekitar Jam 09.50 wita dan Rombongan Wakapolda Sulsel meninggalkan Lokasi Hutan Bakau Desa Tongke-tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai menuju Makassar.(HMS)

Editor:Ryawan