Pukul 00.00 Upacara Hari Pahlawan di TMP Sasayya Bantaeng

Pukul 00.00 Upacara Hari Pahlawan di TMP Sasayya Bantaeng

Minggu, 10 November 2019



WartaBerita.CO.ID- Hari Pahlawan adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, dan diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia.

Landasannya untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, Dimana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Terkait Dengan Itu di Bantaeng diperingati dengan Hikmat dibawah komandan Upacara Letnan kolonel (Kav) Nanang Siswoko pada Taman Makam pahlawan Sasayya, jalan pahlawan, kelurahan Bonto sunggu, kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, Sabtu malam (9/11/2019) Tepat Pukul. 00.00 WITA.

Hadir dalam Upacara tersebut, Bupati Bantaeng, DR.H.Ilhamsyah Azikin, Wakil Bupati Drs.H.Sahabuddin, Sekda Bantaeng, Abdul Wahab, Kapolres Bantaeng Adip Rojikan SIK,MH,Pimpinan dan Anggota DPRD Bantaeng, Pimpinan OPD lingkup Bantaeng, unsur Forkopimda, pejabat utama dan personil Kodim 1410, pejabat utama dan Personil polres Bantaeng, Pamong praja, dan personil Damkar Bantaeng.

Bagi Komandan Distrik Militer 1410 Bantaeng, Letkol,Kav.Nanang Siswoko merupakan kesempatan terakhirnya memimpin upacara Apel kehormatan dan renungan suci bagi pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia di Bantaeng, Pasalnya pada jam sebelumnya di hari yang sama, telah mengikuti acara lepas sambut  bersama jajaran pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Tepat Pukul.00.00.WITA, Lampu di penerangan dan Obor pun dinyalakan, dibawa suasana remang- remang, Dandim 1410 membacakan sambutannya.

"Disini bersemayam sebanyak 38 orang TNI, Pegawai Negeri Sipil 3 orang, Pejuang Rakyat 3 orang dan 16 orang Pahlawan Tak Dikenal", ungkap Nanang Siswoko

"Menyatakan hormat yang sebesar besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa"

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara- saudara adalah perjuangan kami pula, dalam jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga"

"Kami berdoa semoga arwah saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, Serta mendapat tempat yang sewajarnya"

"Atas nama yang hadir upacara, kami inspektur upacara Nanang Siswoko, Letnan kolonel Kav.NRP.11990017390673" Tutupnya.(*)

Editor:Ryawan