Hutan Pinus Mengandung Rupiah

Hutan Pinus Mengandung Rupiah

Sabtu, 30 November 2019


Wartaberita.co.id - Bupati Bantaeng DR.H.Ilhamsyah Azikin, Msi mengajak sejumlah Awak media mengunjungi Hutan Pinus, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Sabtu sore (30/11/2019)

Kedatangan rombongan dalam rangka diskusi ringan sambil minum kopi membahas tentang potensi sumberdaya alam Pinus untuk destinasi wisata agar dapat dimanfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah (devisa) namun tetap terjaga kelestariannya.

Bupati Bantaeng dihadapan media mengungkapkan rasa optimis menyangkut hal ini.

"Bagaimana bisa memanfaatkan alokasi dana desa dalam sektor pariwisata, Ini juga yang memotivasi teman-teman di seluruh tingkatan, Baik di kabupaten, kecamatan dan desa untuk berinovasi."Kata Bupati

Menurutnya khusus potensi pertanian Desa Bonto Lojong sebagai kawasan agrowisata akan di kembangkan lagi menjadi Kawasan wisata dengan konsep ekowisata.

"Kita juga sudah mendiskusikan ke Dinas pariwisata dan pemerintah setempat, tentang konsep Homestay, bagaimana memanfaatkan Rumah warga bagi pengunjung bisa menginap sehingga betul betul merasakan suasana dikampung", Ungkap Bupati

"Konsep Homestay ini jadi bukan membangun Villa, Bagaimana memanfaatkan Rumah warga, Tentunya dengan standarisasi terpenuhi bagaimana kamar tempat tidurnya, kamar mandinya yang layak untuk di pakai pengunjung, tentunya pendapatan warga akan bertambah", jelasnya

"Anggaran ada di Dinas pariwisata dan dana desa, Bagaimana memanfaatkan dana tersebut dengan inovasi inovasi, Seperti aktivitas pariwisata itu bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat (Rumah tangga)", harap Bupati.

"Disini kita juga memikirkan keberadaan hewan (kuda) sebagai modal transportasi menuju dan mengelilingi Obyek Agrowisata dan wisata pemandangan hutan Pinus", Ujarnya

Masih kata bupati, Bagaimana kita juga mengedukasi masyarakat yang merambah hutan yang yang bisa mengakibatkan kebakaran hutan untuk memperluas kawasan tani, Maka dengan kehadiran obyek wisata yang sudah terbentuk sekarang ini yakni wisata alam hutan Pinus Rombeng dapat dimanfaatkan sebagai kawasan yang memiliki kandungan rupiah, Tanpa harus merusak ekosistem hutan Pinus tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Bonto Lonjong M.Tamrin mengatakan kalau keberadaan obyek wisata di desanya sangat direspon oleh warga apalagi dari sisi ekonomi dapat menambah penghasilan.

"Kami berharap pak Bupati bisa terus mengawal dan mendukung serta memberikan motivasi kepada kami dalam membangun desa", Singkat M.Tamrin.

Hadir dalam rombongan, sejumlah awak media, Kadis Pariwisata Andi Subhan S.sos, Kabag Humas Ismul AB, Camat uluere, kades Bonto Lojong, pihak kehutanan, Dan berbaur dengan pemerhati alam, mahasiswa, aktifis serta pengunjung. Disini juga hadir para peneliti (peracik) biji kopi menjadi kopi yang punya cita rasa tersendiri dari, kabupaten Bantaeng, Jeneponto dan Sinjai.(red)

Editor: Ryawan